Bagaimana Cara Mengajar Bahasa Inggis yang Baik?

Huuuuu….Bhasa Inggris,,,,Takuuuuuuuuttttt…………………………………
Bahasa Indonesia aja sering remidi apa lagi bahasa Inggris, aduhhhhh………., tambah  pusing. Aduh….., tambah bingung, bingung ku memikirnya,………….
Sebenarnya sih kita pasti bias, mungkin ketidak pahaman kita itu disebabkan beberapa factor, antara lain :

               1.Disebabkan karena kita ngantuk 
Mengantuk itu hal yang wajar apa lagi kalau pada saat jam teakhir, tapi tergantung penyebab ngantuknya itu apa. Bisa jadi karena kita sudah capek, apa lagi kondisi cuaca dan udaranya mendukung, pasti setan-setan pada seneng deh dapat temen bermain yang buanyak, heeeeeee. Asal jangan ngantuknya karena begadang semalaman lihat sinema box office yang lagi on.
              2.Fasilitas 
Bisa juga karena fasilitas yang tidak memenuhi standart untuk melaksanakan KBM. Sebenarnya, fasilitas dapat ditanggulangi. Namun, sebesar apapun fasilitas yang diberikan, apabila tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya, apa gunanya??? Jikalau gitu lebih baik fasilitas minim, tapi maksimal pemanfaatannya. Okey ^_^

  1. Guru
Guru merupakan elemen terpenting dalam proses KBM. Dengan kata lain, guru merupakan nyawa dari  hidupnya ilmu. Akan tetapi, guru yang tidak bersahabat juga merupakan factor yang menghambat dalam belajar Bahasa Inggris itu sendiri.
Bagaimana sih cara mengajar para guru di sekolah??? Apakah kita mudah menerima pelajaran yang dijelaskannya???
Cara mengajar guru itu bermacam-macam. Tapi kenapa ya kebanyakan para guru lebih suka mengajar di dalam kelas??? Bosen pak…bu… Sebagai murid, kita perlu suasana baru. Lebih menyatu sama alam gitu.
Ingat!!! Otak kanan itu lebih lama mengingat daripada otak kiri. Sedangkan otak kanan itu berisi gambaran dari suatu kejadian. Jadi apabila kita dipaksa untuk menghafalkan vocab dengan waktu yang singkat dan tak ada situasi atau kondisi yang menurut kita itu takmenarik dan tak berkesan, pasti kita cepat lupa walaupun dalam menghafalnya kita mudah. Tapi itu hanya masuk pada otak kiri kita, sehingga mudah terhapus dengan hafalan-hafalan yang lain.
Nah……, coba aja kalau kita belajar dengan outdoor pastinya itu akan lebih  menyenangkan, udara yang segar, serta pemandangan yang indah ditambah pula  suasana yang tidak tegang. Wah pastilah itu impian kita semua,heeeeee. Dengan begitu, kita tidak hanya belajar tekstual saja, tapi kontekstualnya juga masuk di dalamnya…
Selain itu kami punya sebuah koreksi dari nara sumber kami tentang guru B. Inggris . Mau tau ? ni diya jawabanya :
  1. Guru B. Inggris itu seharusnya lebih tegas. Tetapi bukan galak , ingat bukan galak …….karena siswa-siswi akan lebih serius belajar B. Inggris kalau gurunya itu tegas .Selain itu menurut teman-teman sebaiknya menerapkan banyak latihan soal pada muridnya!!!! Ada lagi sebaiknya guru menerapkan sistem-sistem dalam kelas untuk selalu berbahasa inggris. Atau pada saat guru meneraangkan tetapi muridnya tidak tau arti dari sebuah kata diharapkan gurunya memberi vocab yang lebih mudah dicerna oleh muridnya . Kita aja kalo di Inggris 1 bulan mungkin kita dah jadi bule di indonesia karena udah lancar B. Inggris. La kok kita bisa dalam 1 bulan bisa lancar B. Inggris? Itu karena lingkungan kita semuanya pake bahasa itu ……… maka dari itu dalam suatu kelas ciptakan suasana yang komunikatif dengan berbahasa inggris walau itu humor.
  2. Guru B. Inggris itu harus mengadakan pelatihan lagi kalau ada suatu penurunan .Selain itu guru harus membiasakan diri berbicara inggris agar dapat menambah vocab juga dapat memperlancar dalam berbahasa inggris .Dan juga tak kalah penting harus memperhatikan pembacaan kata- kata itu . Karena masih ada guru B. Inggris salah dalam pronouncation nya .N jangan malu untuk membuka kamus di depan siswa .
  3. How to is importent but what to is very importent . Artinya Bagaimana cara kita untuk mengajar itu penting tetapi lebih penting hasil yang bisa kita capai . okkkkkkkkkkkkkk.
OOOOOOOyyyyyeeeeeeeee mau jadi guru B. Inggris ? jangan tkut karena kami selalu mendukungmu( cyee sok bijak). Tapi jangan lupa untuk :
  1. Beribadah . Walau dah jadi orang inggris beneran atau jadi guru B. Inggris jangan lupa untuk tetap beribadah .
  2. Jangan lupakan keluarga kita karena keluarga adalah pendukung utama dari keberhasilan kita yyy gaaaaakk? . N selalu patuh pada orang tua ,nanti kalau gak patuh bisa bisa dikutuk jadi batu kayak maling kundang itu heeheee.
  3. N yang terakir siapkan mental untuk menghadapi dunia yang baru .
La itulah tips-tips kami . sekian dulu ya tim blog mau undur diri dulu karena mau belajar buat artikel yang lebih keren lagi.Kalau ada usul jangan lupa untuk dikirim ya …..
Wassalamualaikum WR.WB

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar